Tuesday, August 4, 2009

2nd-(file Che-2) untuk blogspot.com

Version: English-Indonesian

Chemistry and Chemicals (English version)

Mengenal Ilmu Kimia (Indonesian Version)

Resume in file che-1, Mengenal Ilmu Kimia (introducing in to chemistry):

Chemistry answer for the opinion on chemicals that announce as danger, toxic, hazardous, un-environ-able, and anything that seems like to make chemical and its chemistry be not attracting. But the surprising coming after knew that in middle school, the chemistry has becoming lesson for students there. By early receives introducing in to chemistry, automatically people will be wise in asses the hazardous of chemicals even nuclear for their lives and future. Indonesian students will learn for more times than before for chemistry. (robertus-RIRaC).

2nd File on robertus-RIRaC.blogspot.com

Chemistry and Chemicals:

*Chemistry is a science, learn about of materials properties, the quantitative and qualitative analyzing of, determining of, the reactions of, these were processing to be resulted a new materials (robertus).

The chemistry primarily useable for create a synthetic one from its natural. Example, synthetics rubber has produced to enhanced natural rubber that protected by international forest community for environmental saving; this sentence illustrate about one of chemical that resulted by chemistry development in. It’s also show that chemistry will give a few problems after production a new synthetics rubber: (+) a new product of synthetics, saved natural resources of trees (latex-rubber), some of industry that supplies, productions, transportations, built and operations – means employment, (-) environments handling problem which potential to be contaminated.

Chemicals are rubbers, synthetic and natural; are nuclear, plutonium, uranium; are zircon sands, titanium metals, chromium metals, gold bars; are oil and gas; are cadmium, arsenic, lead, mercury; are cookies, soaps, cosmetics; chemistry is some efforts to found ways for synthesis and handlings chemicals.

How to care with nuclear by chemistry side?

This question important to bring in to people mind perception that nuclear will give many things for people lives.

When many countries by their silent diplomacy has develop this nuclear knowledge to built for a new energy resources, the nuclear (wish) able give beneficial to hold natural energy resources in the name of environment.

By the environment interest, nuclear beneficial will be able in to considerable for option of trade climates conditions. Economic on wise diplomacy, also this will be chemistry challenges. Nuclear will be a manner of chemicals to involved all expertise people (beside the chemists), attracted them together to decides the best way for all human. Is this will have a converses value for world?

Being together to search solutions are diplomacy, being together dialogue surely should in depth knowing more the chemistry and explain people how to meaning the nuclear by chemistry mind.

In other sentence: chemicals need chemistry and chemistry knowing how to tell people these chemicals.

----------------------------------------------------------------

Versi: Bahasa Indonesia

Mengenal ilmu kimia:

Asam basa dan garam. Kelompok senyawa kimia ini umum dikenal sebagai salah satu dasar untuk kepentingan analisis reaksi dan pengelompokkan sifat bahan kimia. Apa yang dibutuhkan dalam hal membicarakan asam, basa dan garam ?

Secara umum orang mengenal suatu cara untuk menguji (dan mengelompokkannya) terutama untuk asam dan basa yaitu derajad keasaman atau pH. Kini banyak alat ukur derajad keasaman yang sederhana yang diperkenalkan untuk kehidupan manusia, seperti alat deteksi kehamilan. Secara sederhana, tingkat derajad keasaman diperkenalkan dengan angka mulai dari satu hingga empat belas, dengan menunjukkan angka tujuh sebagai nilai kondisi normal atau netral. Kertas lakmus yang dikenal sebagai alat penunjuk pH memberikan petunjuk pada perubahan warna, merah untuk asam, dan biru untuk basa. Berbagai jenis perubahan warna bisa saja diperkenalkan untuk maksud ini, tetapi yang paling sederhana adalah kedua jenis warna tersebut yang sejak awal telah diperkenalkan di dalam penentuan asam basa.

Sedangkan garam, lebih umum diperkenalkan sebagai suatu hasil sitesa dari reaksi asam dan basa. Apakah garam juga mempunyai derajad keasamannya ? jawabannya, setiap bahan kimia memiliki dan mempunyai kemungkinan untuk bisa diukur derajad keasamannya, termasuk juga dengan garam. Hal ini yang menjadi penting, bagi para kimiawan unruk memiliki pentunjuk awal dalam melakukan analisis reaksi kimia yang terjadi.

Dengan uraian sederhana di atas, umumnya ada yang mengambil kesimpulan bahwa derajad keasaman juga bisa ditentukan (atau diartikan) dengan tingkatan rasa. Meski ada kemiripan nama di dalam ucapannya, tetapi tidak semua bahan yang berasa asam adalah golongan yang memiliki pH asa, dan juga sebaliknya basa, bukanlah sesuatu yang bersifat basah, tetapi basa lebih dekat dengan artian alkalin;

Jadi dalam bahasa kimia pengungkapan derajad keasaman sangat diperlukan untuk menghindari pengertian yang (mungkin) bisa keliru di dalam tanggapan orang. Asam adalah sifat bahan yang memiliki pH <> 7.

Bagi anak-anak sekolah yang baru memulai mengenal ilmu kimia, bisa melakukan penggolongan sederhana dengan menggunakan kertas lakmus (ada lakmus biru dan ada lakmus merah) untuk menguji misalnyaderajad keasaman dari jenis-jenis bunga.

Hasil yang bisa diperoleh nantinya adalah: setiap jenis bunga bisa menunjukkan derajad keasaman (pH) yang berbeda, sehingga suatu kelak tidak memiliki kertas lakmus atau alat pengukur pH, maka jenis-jenis bunga yang telah mendapat ketetapan nilai pH bisa dipakai untuk menggantikan mengukur pH.

Adakah manfaat lain selanjutnya ?

Secara sederhana, dengan mengetahui jenis bunga mana yang bersifat asam dan jenis bunga mana yang bersifat basa, maka mereka bisa melakukan praktik penetralan (reaksi asam-basa dan garam) dengan bahan-bahan tersebut.

Menarik bukan ?

Jika kita penderita maag, jenis bunga mana yang bisa kita gunakan untuk mengobatinya sebagai pengganti obat sakit maag tersebut ? jawabannya tentu adalah jenis bunga yang berderajat keasamannya > 7; atau jenis bunga yang memberikan reaksi merubah kertas lakmus merah menjadi biru. (catatan: tentunya bunga yang yang umum bisa dimakan ataupun yang umum bisa diseduh untuk diminum airnya).

Vilnusi2w116

Robertus - 030809

No comments:

Post a Comment