Tuesday, August 11, 2009

Mengenal Ilmu Kimia (Seri-4)

Wednesday, August 12, 2009

Kimia untuk Hari ini Chemistry today

Ringkasan seri-3-Bisakah Indikator Alami Menunjukkan Kualitas Mineral Geologis ?

Tulisan terakhir Mengenal Ilmu Kimia di dalam halaman RIRaC & Chemistry: Last view of Introducing in to Chemistry on RIRaC & Chemistry:

Tumbuhan juga dapat digunakan sebagai indicator pH. Salah satu bagian tumbuhan seperti daun, bunga, akar dan bagian apa saja darinya. Kita masih memberikan gambaran tentang asam-basa-garam di dalam pengertian ilmu kimia. Trees also used by as natural pH indicators. A part of such as leaf, flowers, roots and many part of. We still describes on acid-alkaline-salt in Chemistry.

Seri-4: Sebelum lebih jauh ke (Seri-3: Mengenal Ilmu Kimia Hidrokarbon)

Sedikit tentang Garam:
Garam dalam ilmu kimia adalah hasil reaksi asam-basa yang menghasilkan garam dan air.

H-X + Y-OH =========== XY + H-OH (H2O)
asam basa garam air

Asam – Basa – Garam dalam konsep dan penerapannya akan memberikan manfaat yang asngat berguna, selain untuk terapan ilmu kimia, konsep ini banyak mendasari pemahaman peritiwa di bidang biologi, kedokteran, farmasi, biokimia, elektronika, dan lain-lainnya.

Salah satu produk reaksi diantara asam–basa–garam kita kenal sebagai penyangga (Buffer). Penyangga (biasa disediakan dalam bentuk larutan, sehingga sering disebut larutan penyangga “larutan buffer”), merupakan zat yang penting dalam menstabilkan reaksi. Kalau asam – basa bisa menunjukkan suatu kondisi reaksi yang paling baik, maka penyangga umumnya dipergunakan untuk mempertahankan suasana “paling baik” dari reaksi asam – reaksi basa yang dibutuhkan.

Apa manfaat selanjutnya dari garam ini, bisa dijelaskan secara sedehana sebagai berikut, dalam hubungan antara mereka (asam-basa-garam):

Ø keberhasilan reaksi sangat ditentukan oleh suasana derajad keasaman (pada tingkat ke-asam-an tertentu atau pada tingkat ke-basa-an tertentu).

Ø Umumnya suasana “tertentu” ini cenderung tidak stabil.

Ø Penyangga diperlukan untuk mempertahankan kestabilan suasana “tertentu” tersebut.

Penutup (untuk seri ini)

Pertanyaan (retorik) untuk kita – penulis & pembaca;

Apakah penyangga termasuk garam, atau asam atau basa ?!

Vilnusi2 w1/16; August 12, 2009 – 08:37

Robertus: Independent Researcher & Consulting

No comments:

Post a Comment